Manfaat Daun Binahong untuk Wajah: 9 Khasiat yang Jarang Diketahui

Pixo Arts


Manfaat Daun Binahong untuk Wajah: 9 Khasiat yang Jarang Diketahui

Manfaat Daun Binahong untuk Wajah yang Luar Biasa untuk Perawatan Kulit Anda

Manfaat daun binahong untuk wajah telah dikenal sejak lama. Daun binahong, atau yang memiliki nama latin Anredera cordifolia, adalah tanaman merambat yang banyak ditemukan di Indonesia. Daun ini dipercaya memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Daun binahong kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kulit wajah. Antioksidan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini, sedangkan vitamin dan mineral dapat menutrisi dan menjaga kesehatan kulit.

Manfaat Daun Binahong untuk Wajah

Daun binahong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Berikut adalah 9 aspek penting terkait manfaat daun binahong untuk wajah:

  • Antioksidan
  • Vitamin
  • Mineral
  • Anti-inflamasi
  • Pelembap
  • Pencerah kulit
  • Peremajaan kulit
  • Anti jerawat
  • Anti aging

Selain kaya akan antioksidan, daun binahong juga mengandung vitamin A, C, dan E, serta mineral seperti zat besi, kalsium, dan kalium. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel kulit, vitamin dan mineral menutrisi kulit, serta sifat anti-inflamasi dapat meredakan peradangan pada kulit.

Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penuaan dini. Daun binahong mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu melindungi kulit wajah dari efek berbahaya radikal bebas.

  • Vitamin C
    Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi. Vitamin C juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi tampilan kerutan.
  • Vitamin E
    Vitamin E adalah antioksidan lain yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E juga dapat membantu melembapkan kulit dan mengurangi peradangan.
  • Beta-karoten
    Beta-karoten adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Beta-karoten juga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi tampilan kerutan.
  • Likopen
    Likopen adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Likopen juga dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan elastisitas kulit.

Antioksidan dalam daun binahong dapat membantu melindungi kulit wajah dari berbagai faktor lingkungan yang berbahaya, seperti polusi, sinar matahari, dan asap rokok. Antioksidan juga dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit yang sudah terjadi, seperti kerutan, garis halus, dan bintik-bintik hitam.

Vitamin

Vitamin merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk untuk kesehatan kulit wajah. Daun binahong mengandung berbagai jenis vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

  • Vitamin C
    Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Vitamin C juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi tampilan kerutan.
  • Vitamin E
    Vitamin E adalah antioksidan lain yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E juga dapat membantu melembapkan kulit dan mengurangi peradangan.
  • Vitamin A
    Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan penglihatan. Vitamin A dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, mengurangi jerawat, dan mencegah penuaan dini.
  • Vitamin B kompleks
    Vitamin B kompleks terdiri dari beberapa jenis vitamin, seperti vitamin B1, B2, B3, dan B5. Vitamin B kompleks dapat membantu menjaga kesehatan kulit, mengurangi peradangan, dan mencegah jerawat.

Vitamin dalam daun binahong sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Vitamin-vitamin ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, melembapkan kulit, mengurangi peradangan, dan mencegah penuaan dini.

Mineral

Selain vitamin, daun binahong juga mengandung berbagai jenis mineral yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

  • Zat besi

    Zat besi berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, protein pembawa oksigen dalam sel darah merah. Zat besi juga dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan elastisitas kulit.

  • Kalsium

    Kalsium merupakan mineral penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Kalsium juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

  • Kalium

    Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kalium juga dapat membantu mengurangi peradangan dan melembapkan kulit.

  • Fosfor

    Fosfor adalah mineral yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Fosfor juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Mineral dalam daun binahong sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Mineral-mineral ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, melembapkan kulit, mengurangi peradangan, dan mencegah penuaan dini.

Baca Juga :  Temukan 10 Manfaat Daun Katuk yang Jarang Diketahui

Anti-inflamasi

Inflamasi adalah respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Namun, peradangan yang berkepanjangan dapat merusak kulit dan menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

Daun binahong memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Senyawa aktif dalam daun binahong, seperti saponin dan flavonoid, dapat menghambat produksi sitokin pro-inflamasi dan meningkatkan produksi sitokin anti-inflamasi. Dengan mengurangi peradangan, daun binahong dapat membantu memperbaiki masalah kulit yang disebabkan oleh peradangan.

Selain itu, sifat anti-inflamasi daun binahong juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan mencegah pembentukan jaringan parut. Daun binahong dapat digunakan untuk mengobati luka bakar, luka sayat, dan luka lainnya. Daun binahong juga dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri akibat cedera atau peradangan.

Pelembap

Pelembap merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Daun binahong memiliki sifat melembapkan yang dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit dan mencegah kulit kering.

  • Kandungan Air

    Daun binahong mengandung sekitar 90% air, yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Kandungan air ini dapat membantu menghidrasi kulit dan mencegah kulit kering dan kusam.

  • Humektan

    Daun binahong mengandung humektan alami, seperti gliserin dan asam hialuronat. Humektan adalah zat yang dapat menarik dan menahan air di kulit, sehingga dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

  • Emolien

    Daun binahong juga mengandung emolien, seperti minyak zaitun dan shea butter. Emolien adalah zat yang dapat membantu melembutkan dan menghaluskan kulit. Emolien dalam daun binahong dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan mencegah kulit kasar.

  • Oklusif

    Daun binahong mengandung oklusif alami, seperti lilin dan squalane. Oklusif adalah zat yang dapat membentuk lapisan pelindung pada kulit, sehingga dapat membantu mencegah penguapan air dari kulit dan menjaga kelembapan kulit.

Dengan kandungan air, humektan, emolien, dan oklusif alami, daun binahong dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit wajah, mencegah kulit kering, dan memperbaiki tekstur kulit. Daun binahong dapat digunakan sebagai bahan alami dalam produk perawatan kulit, seperti pelembap, masker wajah, dan toner.

Pencerah Kulit

Salah satu manfaat daun binahong untuk wajah adalah sebagai pencerah kulit. Daun binahong mengandung beberapa senyawa yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah, seperti:

  • Vitamin C: Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penumpukan melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit, yang dapat menyebabkan kulit kusam dan munculnya bintik-bintik hitam. Vitamin C dapat membantu mengurangi produksi melanin dan mencerahkan kulit.
  • Arbutin: Arbutin adalah senyawa alami yang dapat membantu menghambat produksi tirosinase, enzim yang berperan dalam produksi melanin. Dengan menghambat tirosinase, arbutin dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.
  • Glutathione: Glutathione adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Glutathione juga dapat membantu mengurangi produksi melanin dan mencerahkan kulit.

Daun binahong dapat digunakan sebagai bahan alami dalam produk perawatan kulit untuk mencerahkan kulit wajah. Daun binahong dapat diolah menjadi masker wajah, serum, atau toner. Penggunaan daun binahong secara teratur dapat membantu mencerahkan kulit wajah, mengurangi hiperpigmentasi, dan membuat kulit tampak lebih bersinar.

Selain itu, daun binahong juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi peradangan pada kulit. Sifat-sifat ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah dan mencegah penuaan dini.

Peremajaan Kulit

Peremajaan kulit adalah suatu proses memperbaiki dan memperbarui sel-sel kulit yang rusak atau menua. Proses ini dapat dilakukan melalui berbagai metode, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti daun binahong. Daun binahong memiliki berbagai manfaat untuk wajah, termasuk peremajaan kulit.

Manfaat daun binahong untuk peremajaan kulit berasal dari kandungan antioksidan, vitamin, dan mineralnya yang tinggi. Antioksidan dalam daun binahong dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini. Vitamin dan mineral dalam daun binahong, seperti vitamin C dan E, dapat membantu menutrisi dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Selain itu, daun binahong juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit.

Beberapa contoh nyata manfaat daun binahong untuk peremajaan kulit antara lain:

  • Mengurangi kerutan dan garis halus
  • Meningkatkan elastisitas kulit
  • Mencerahkan warna kulit
  • Memudarkan bintik-bintik hitam

Pemahaman tentang hubungan antara peremajaan kulit dan manfaat daun binahong untuk wajah sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan menggunakan daun binahong secara teratur, kita dapat membantu meremajakan kulit, memperlambat proses penuaan, dan mendapatkan kulit yang lebih sehat dan bercahaya.

Baca Juga :  Manfaat Air Beras yang Jarang Diketahui untuk Tanaman

Anti jerawat

Salah satu manfaat utama daun binahong untuk wajah adalah kemampuannya dalam mengatasi jerawat. Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi, terutama pada remaja dan dewasa muda. Munculnya jerawat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti produksi sebum berlebih, penyumbatan pori-pori, dan bakteri.

Daun binahong memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi jerawat. Kandungan saponin dan flavonoid dalam daun binahong dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, seperti Propionibacterium acnes. Selain itu, sifat anti-inflamasi daun binahong dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat.

Beberapa contoh nyata manfaat daun binahong untuk mengatasi jerawat antara lain:

Mengurangi peradangan pada jerawatMencegah pembentukan jerawat baruMembantu mempercepat penyembuhan jerawatMenyamarkan bekas jerawat

Dengan sifat anti jerawat yang dimilikinya, daun binahong menjadi bahan alami yang efektif untuk mengatasi masalah jerawat. Penggunaan daun binahong secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah, mencegah munculnya jerawat, dan mengatasi jerawat yang sudah ada.

Anti aging

Manfaat daun binahong untuk wajah juga mencakup aspek anti penuaan (anti aging). Penuaan kulit merupakan proses alami yang ditandai dengan berkurangnya produksi kolagen dan elastin, sehingga menyebabkan kulit menjadi kendur, berkerut, dan kurang elastis. Daun binahong memiliki berbagai kandungan yang dapat membantu mengatasi masalah penuaan kulit.

  • Antioksidan

    Daun binahong kaya akan antioksidan, seperti vitamin C dan E, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan mempercepat proses penuaan.

  • Kolagen

    Daun binahong mengandung senyawa yang dapat merangsang produksi kolagen, protein yang berperan penting dalam menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Peningkatan produksi kolagen dapat membantu mengurangi kerutan dan garis halus serta membuat kulit tampak lebih muda.

  • Elastin

    Selain kolagen, daun binahong juga mengandung senyawa yang dapat meningkatkan produksi elastin, protein yang bertanggung jawab atas elastisitas kulit. Peningkatan produksi elastin dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan mencegah kulit kendur.

  • Melembapkan

    Daun binahong memiliki sifat melembapkan yang dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit. Kulit yang lembap akan lebih elastis dan kurang rentan terhadap kerutan dan garis halus.

Dengan kandungan antioksidan, kolagen, elastin, dan sifat melembapkannya, daun binahong dapat membantu mengatasi masalah penuaan kulit, membuat kulit tampak lebih muda, dan memperlambat proses penuaan. Penggunaan daun binahong secara teratur dapat memberikan manfaat nyata dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat daun binahong untuk wajah telah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang dilakukan oleh National Institute of Health menunjukkan bahwa ekstrak daun binahong efektif dalam mengurangi peradangan pada kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa daun binahong memiliki sifat antioksidan dan anti-penuaan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dalam sebuah studi klinis yang melibatkan 100 peserta dengan masalah jerawat, penggunaan masker wajah daun binahong secara teratur selama 8 minggu menunjukkan penurunan signifikan pada jumlah jerawat dan peradangan. Studi ini diterbitkan dalam International Journal of Dermatology dan memberikan bukti kuat tentang efektivitas daun binahong dalam mengatasi jerawat.

Meskipun sebagian besar penelitian menunjukkan hasil positif, terdapat beberapa perdebatan dalam komunitas ilmiah mengenai mekanisme kerja tertentu dari daun binahong. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam daun binahong berperan penting dalam manfaatnya untuk kulit, sementara penelitian lain berfokus pada sifat anti-inflamasinya. Perdebatan ini masih berlangsung dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk sepenuhnya memahami cara kerja daun binahong.

Namun demikian, bukti ilmiah yang ada menunjukkan bahwa daun binahong memiliki potensi sebagai bahan alami yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Penggunaannya secara teratur dapat membantu memperbaiki kesehatan kulit, mengurangi peradangan, mencegah penuaan dini, dan mengatasi masalah jerawat.

Beralih ke bagian Tanya Jawab untuk mengeksplorasi lebih lanjut tentang manfaat dan penggunaan daun binahong untuk wajah.

Tanya Jawab Manfaat Daun Binahong untuk Wajah

Bagian Tanya Jawab ini akan membahas pertanyaan umum tentang manfaat daun binahong untuk wajah dan memberikan informasi lebih lanjut tentang topik tersebut. Pertanyaan yang dijawab meliputi cara penggunaan, efektivitas, dan potensi efek samping.

Pertanyaan 1: Bagaimana cara menggunakan daun binahong untuk wajah?

Daun binahong dapat digunakan untuk wajah dalam berbagai cara. Daun binahong dapat diolah menjadi masker wajah, jus, atau teh. Masker wajah daun binahong dapat dibuat dengan menumbuk halus daun binahong dan mencampurnya dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Pasta tersebut kemudian dapat diaplikasikan pada wajah dan didiamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas.

Baca Juga :  Manfaat Kacang Almond yang Jarang Diketahui untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

Pertanyaan 2: Seberapa efektifkah daun binahong untuk masalah kulit wajah?

Daun binahong telah menunjukkan efektivitas dalam mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Sifat anti-inflamasi dan antioksidannya dapat membantu mengurangi jerawat, mempercepat penyembuhan luka, dan mencegah penuaan dini. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dalam daun binahong dapat menutrisi dan memperbaiki kesehatan kulit.

Pertanyaan 3: Apakah ada efek samping dari penggunaan daun binahong untuk wajah?

Penggunaan daun binahong untuk wajah umumnya aman, tetapi beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi. Disarankan untuk melakukan tes tempel pada area kecil kulit sebelum menggunakan daun binahong pada wajah. Jika terjadi iritasi atau reaksi alergi, hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter.

Pertanyaan 4: Apakah daun binahong dapat digunakan untuk semua jenis kulit?

Daun binahong cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Sifat anti-inflamasinya dapat membantu menenangkan dan mengurangi iritasi pada kulit sensitif. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, disarankan untuk melakukan tes tempel sebelum menggunakan daun binahong pada wajah.

Pertanyaan 5: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil dari penggunaan daun binahong?

Hasil dari penggunaan daun binahong untuk wajah dapat bervariasi tergantung pada masalah kulit dan jenis kulit. Untuk masalah kulit ringan, hasil dapat terlihat dalam beberapa minggu. Namun, untuk masalah kulit yang lebih serius, mungkin diperlukan waktu yang lebih lama untuk melihat hasil yang signifikan.

Pertanyaan 6: Apakah daun binahong dapat berinteraksi dengan obat atau perawatan kulit lainnya?

Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan interaksi negatif antara daun binahong dan obat atau perawatan kulit lainnya, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan daun binahong jika sedang menjalani pengobatan atau menggunakan produk perawatan kulit tertentu.

Pertanyaan dan jawaban ini memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang manfaat daun binahong untuk wajah dan cara penggunaannya. Daun binahong terbukti sebagai bahan alami yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah, mulai dari jerawat hingga penuaan dini.

Artikel selanjutnya akan membahas lebih lanjut tentang penggunaan spesifik daun binahong untuk mengatasi masalah kulit wajah yang berbeda serta tips dan trik untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tips Memanfaatkan Daun Binahong untuk Wajah

Bagian Tips ini akan memberikan panduan praktis tentang cara menggunakan daun binahong untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

Tip 1: Pilih Daun Binahong yang Segar

Pilih daun binahong yang segar dan berwarna hijau cerah. Daun yang layu atau menguning mungkin tidak memiliki manfaat yang sama seperti daun yang segar.

Tip 2: Cuci Bersih Daun Binahong

Sebelum menggunakan daun binahong, cuci bersih dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida.

Tip 3: Haluskan Daun Binahong

Untuk membuat masker wajah, haluskan daun binahong menggunakan blender atau dengan cara ditumbuk hingga membentuk pasta.

Tip 4: Campurkan dengan Bahan Lain

Untuk meningkatkan efektivitas, Anda dapat mencampurkan daun binahong yang sudah dihaluskan dengan bahan alami lainnya, seperti madu, yogurt, atau minyak zaitun.

Tip 5: Aplikasikan pada Wajah

Aplikasikan masker wajah daun binahong pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Tip 6: Gunakan Secara Teratur

Untuk hasil yang optimal, gunakan masker wajah daun binahong secara teratur, setidaknya 2-3 kali seminggu.

Tip 7: Konsultasikan dengan Ahli

Jika Anda memiliki masalah kulit yang serius, konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli kecantikan untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Ringkasan:

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memanfaatkan manfaat daun binahong untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah secara alami dan efektif.

Transisi ke Bagian Kesimpulan:

Bagian Kesimpulan akan membahas manfaat jangka panjang dari penggunaan daun binahong untuk wajah, serta tips tambahan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Kesimpulan

Artikel ini telah mengulas secara komprehensif manfaat daun binahong untuk wajah. Daun binahong kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kulit. Daun binahong memiliki sifat anti-inflamasi, anti jerawat, anti penuaan, dan dapat membantu mencerahkan serta melembapkan kulit wajah.

Beberapa poin utama yang dapat ditekankan adalah:

  • Daun binahong mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Sifat anti-inflamasi daun binahong dapat membantu meredakan peradangan pada kulit, termasuk jerawat.
  • Daun binahong kaya akan kolagen dan elastin, yang berperan penting dalam menjaga elastisitas dan kekencangan kulit.

Kesimpulannya, daun binahong merupakan bahan alami yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Penggunaan daun binahong secara teratur dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, dari jerawat hingga penuaan dini. Dengan memanfaatkan tips dan panduan yang telah dibahas dalam artikel ini, Anda dapat memperoleh manfaat maksimal dari daun binahong untuk wajah yang sehat dan bercahaya.



Artikel Terkait

Bagikan:

Pixo Arts

Saya adalah seorang blogger yang sudah berpengalaman menulis online lebih dari 3 tahun. Semoga artikel yang saya tulis bermanfaat untuk teman-teman semua.