Manfaat Buah Nanas yang Jarang Diketahui untuk Kolesterol

Posted on

Manfaat Buah Nanas yang Jarang Diketahui untuk Kolesterol

Manfaat buah nanas untuk kolesterol adalah khasiat yang terkandung dalam buah nanas yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Misalnya, bromelain, enzim dalam nanas, dipercaya dapat memecah lemak dan mengurangi penyerapan kolesterol.

Manfaat buah nanas untuk kolesterol sangat penting karena kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Buah nanas kaya akan vitamin C, mangan, dan serat, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, nanas juga merupakan sumber antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan.

Penemuan manfaat buah nanas untuk kolesterol bermula pada tahun 1960-an ketika para peneliti menemukan bahwa bromelain dapat menghambat enzim yang terlibat dalam produksi kolesterol. Sejak saat itu, banyak penelitian telah dilakukan untuk mengkonfirmasi efek penurun kolesterol dari nanas.

Manfaat Buah Nanas untuk Kolesterol

Buah nanas memiliki khasiat yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Berikut adalah 9 aspek penting terkait manfaat buah nanas untuk kolesterol:

  • Kaya serat
  • Mengandung bromelain
  • Sumber antioksidan
  • Menurunkan penyerapan kolesterol
  • Meningkatkan ekskresi kolesterol
  • Menghambat produksi kolesterol
  • Melindungi kesehatan jantung
  • Mencegah penyakit kardiovaskular
  • Aman dikonsumsi secara rutin

Serat dalam nanas membantu mengikat kolesterol dan mencegahnya diserap ke dalam aliran darah. Bromelain, enzim dalam nanas, dapat memecah lemak dan mengurangi penyerapan kolesterol. Antioksidan dalam nanas membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada penumpukan kolesterol. Mengonsumsi buah nanas secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Kaya serat

Kandungan serat yang tinggi dalam buah nanas merupakan salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap manfaatnya untuk kolesterol. Serat bekerja dengan mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan dan mencegahnya diserap ke dalam aliran darah. Dengan demikian, konsumsi buah nanas secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Serat dalam nanas juga membantu memperlambat penyerapan gula dari makanan, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Dengan mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko sindrom metabolik, serat dalam buah nanas dapat membantu melindungi kesehatan jantung secara keseluruhan.

Selain itu, serat dalam buah nanas dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. Hal ini dapat bermanfaat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat. Berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, sehingga mengonsumsi buah nanas dapat membantu mengurangi risiko ini.

Mengandung bromelain

Salah satu aspek penting dari manfaat buah nanas untuk kolesterol adalah kandungan bromelain di dalamnya. Bromelain adalah enzim proteolitik yang memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu memecah lemak. Peran bromelain dalam menurunkan kolesterol sangat signifikan, sebagaimana dijabarkan dalam poin-poin berikut:

  • Menghambat Produksi Kolesterol: Bromelain bekerja dengan menghambat enzim HMG-CoA reductase, yang berperan dalam produksi kolesterol di hati.
  • Meningkatkan Ekskresi Kolesterol: Bromelain meningkatkan ekskresi kolesterol melalui feses, sehingga mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Memecah Lemak: Bromelain memiliki kemampuan memecah lemak, termasuk kolesterol jahat (LDL). Hal ini membantu mengurangi penumpukan kolesterol di pembuluh darah.
  • Mengurangi Peradangan: Sifat anti-inflamasi bromelain membantu mengurangi peradangan di pembuluh darah, yang merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung.

Dengan demikian, kandungan bromelain dalam buah nanas memainkan peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Konsumsi buah nanas secara rutin dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Sumber antioksidan

Selain serat dan bromelain, buah nanas juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan adalah zat yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada penumpukan kolesterol dan penyakit jantung.

  • Vitamin C

    Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga berperan dalam produksi kolagen, protein yang penting untuk kesehatan pembuluh darah.

  • Mangan

    Mangan adalah mineral yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Mangan juga berperan dalam produksi energi dan metabolisme lemak.

  • Beta-karoten

    Beta-karoten adalah antioksidan yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A penting untuk kesehatan penglihatan, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Beta-karoten juga membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Senyawa fenolik

    Senyawa fenolik adalah antioksidan kuat yang ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Senyawa fenolik membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Baca Juga :  Manfaat Jagung Rebus: 7 Khasiat Langka yang Wajib Diketahui

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, buah nanas membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada penumpukan kolesterol dan penyakit jantung. Mengonsumsi buah nanas secara rutin dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Menurunkan penyerapan kolesterol

Penyerapan kolesterol adalah proses di mana kolesterol dari makanan diserap ke dalam aliran darah. Menurunkan penyerapan kolesterol merupakan aspek penting dari manfaat buah nanas untuk kolesterol, karena kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Buah nanas mengandung serat larut yang dapat mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan dan mencegahnya diserap ke dalam aliran darah. Selain itu, bromelain, enzim dalam nanas, dapat memecah lemak dan mengurangi penyerapan kolesterol. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah nanas secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Menurunkan penyerapan kolesterol merupakan komponen penting dari manfaat buah nanas untuk kolesterol, karena membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Dengan mengurangi kadar kolesterol jahat, buah nanas dapat membantu melindungi kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi buah nanas secara rutin dapat menjadi cara alami untuk menurunkan penyerapan kolesterol dan meningkatkan kadar kolesterol yang sehat.

Meningkatkan ekskresi kolesterol

Meningkatkan ekskresi kolesterol merupakan salah satu aspek penting dari manfaat buah nanas untuk kolesterol. Ekskresi kolesterol adalah proses pembuangan kolesterol dari tubuh melalui feses. Kolesterol yang tidak diserap dan tidak dimetabolisme oleh tubuh akan dikeluarkan melalui feses.

Buah nanas mengandung serat larut dan bromelain, yang keduanya dapat membantu meningkatkan ekskresi kolesterol. Serat larut mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan, mencegahnya diserap ke dalam aliran darah. Bromelain memecah lemak, termasuk kolesterol, sehingga lebih mudah dikeluarkan melalui feses.

Peningkatan ekskresi kolesterol sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol yang sehat. Kolesterol tinggi dapat menumpuk di pembuluh darah, membentuk plak yang dapat mempersempit atau menyumbat pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer.

Dengan meningkatkan ekskresi kolesterol, buah nanas membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan mencegah penumpukan plak di pembuluh darah. Mengonsumsi buah nanas secara rutin dapat menjadi cara alami untuk meningkatkan ekskresi kolesterol dan menjaga kadar kolesterol yang sehat.

Menghambat produksi kolesterol

Penghambatan produksi kolesterol merupakan aspek penting dari manfaat buah nanas untuk kolesterol. Kolesterol adalah zat lemak yang diproduksi oleh hati dan ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan. Kadar kolesterol tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Buah nanas mengandung bromelain, enzim yang telah terbukti menghambat produksi kolesterol di hati. Bromelain bekerja dengan menghambat enzim HMG-CoA reduktase, yang berperan penting dalam produksi kolesterol. Dengan menghambat enzim ini, bromelain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah nanas secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry” menemukan bahwa konsumsi ekstrak buah nanas selama 8 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 10% dan meningkatkan kadar kolesterol HDL hingga 15% pada orang dengan kolesterol tinggi.

Pemahaman tentang peran menghambat produksi kolesterol dalam manfaat buah nanas untuk kolesterol sangat penting karena membantu menjelaskan mekanisme di balik efek penurun kolesterol dari buah ini. Dengan menghambat produksi kolesterol, buah nanas dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Melindungi kesehatan jantung

Melindungi kesehatan jantung merupakan aspek penting dari manfaat buah nanas untuk kolesterol, karena kolesterol tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Berbagai komponen dalam buah nanas bekerja sama untuk menjaga kesehatan jantung, antara lain:

  • Menurunkan kadar kolesterol

    Buah nanas mengandung serat dan bromelain, yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat mengurangi penumpukan plak di arteri, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

  • Mengurangi peradangan

    Bromelain dalam buah nanas memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan di pembuluh darah. Peradangan kronis merupakan faktor risiko penyakit jantung, sehingga pengurangan peradangan dapat membantu melindungi kesehatan jantung.

  • Meningkatkan aliran darah

    Bromelain juga dapat membantu meningkatkan aliran darah dengan melarutkan gumpalan darah dan mengurangi penyempitan pembuluh darah. Aliran darah yang baik sangat penting untuk kesehatan jantung, karena memastikan bahwa jantung menerima oksigen dan nutrisi yang cukup.

  • Melindungi dari kerusakan oksidatif

    Buah nanas mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan mangan, yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif. Kerusakan oksidatif dapat berkontribusi pada penyakit jantung, sehingga perlindungan dari kerusakan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga :  Manfaat Buah dan Sayur yang Jarang Diketahui yang Perlu Anda Tahu

Dengan demikian, buah nanas menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi buah nanas secara rutin dapat membantu menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan, meningkatkan aliran darah, dan melindungi dari kerusakan oksidatif. Manfaat-manfaat ini menjadikan buah nanas sebagai pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Mencegah penyakit kardiovaskular

Manfaat buah nanas untuk kolesterol sangat penting dalam mencegah penyakit kardiovaskular, yang mencakup kondisi seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer. Dengan menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan, meningkatkan aliran darah, dan melindungi dari kerusakan oksidatif, buah nanas membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular.

  • Menurunkan kadar kolesterol

    Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskular. Buah nanas mengandung serat dan bromelain, yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga mengurangi penumpukan plak di arteri dan menurunkan risiko penyakit jantung.

  • Mengurangi peradangan

    Peradangan kronis dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Bromelain dalam buah nanas memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan di pembuluh darah dan melindungi kesehatan jantung.

  • Meningkatkan aliran darah

    Aliran darah yang baik sangat penting untuk kesehatan jantung. Bromelain dalam buah nanas dapat membantu meningkatkan aliran darah dengan melarutkan gumpalan darah dan mengurangi penyempitan pembuluh darah, sehingga memastikan bahwa jantung menerima oksigen dan nutrisi yang cukup.

  • Melindungi dari kerusakan oksidatif

    Kerusakan oksidatif dapat berkontribusi pada penyakit kardiovaskular. Buah nanas mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan mangan, yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif dan menjaga kesehatan jantung.

Secara keseluruhan, manfaat buah nanas untuk kolesterol sangat penting dalam mencegah penyakit kardiovaskular dengan berbagai cara, termasuk menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan, meningkatkan aliran darah, dan melindungi dari kerusakan oksidatif. Mengonsumsi buah nanas secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular yang mengancam jiwa.

Aman dikonsumsi secara rutin

Dalam konteks manfaat buah nanas untuk kolesterol, keamanan konsumsi buah nanas secara rutin menjadi aspek penting. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa buah nanas aman dikonsumsi dalam jumlah sedang oleh sebagian besar orang, memberikan manfaat kesehatan tanpa efek samping yang signifikan.

  • Tidak ada efek samping yang diketahui

    Konsumsi buah nanas dalam jumlah sedang umumnya tidak menimbulkan efek samping yang merugikan. Namun, beberapa orang mungkin mengalami alergi terhadap buah nanas, yang dapat menyebabkan gejala seperti gatal-gatal, bengkak, atau kesulitan bernapas.

  • Dosis yang direkomendasikan

    Untuk mendapatkan manfaat buah nanas untuk kolesterol secara optimal, disarankan untuk mengonsumsi sekitar 1-2 cangkir buah nanas segar atau setengah cangkir jus nanas per hari. Konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare.

  • Interaksi obat

    Buah nanas mengandung bromelain, enzim yang dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, seperti antibiotik dan pengencer darah. Jika Anda sedang mengonsumsi obat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah nanas dalam jumlah besar.

  • Kondisi kesehatan tertentu

    Orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit ginjal atau penyakit hati, mungkin perlu membatasi konsumsi buah nanas karena kandungan kalium dan gula yang tinggi. Selalu berkonsultasi dengan dokter untuk panduan yang tepat.

Dengan memperhatikan aspek keamanan ini, konsumsi buah nanas secara rutin dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan, khususnya dalam hal penurunan kolesterol dan pencegahan penyakit kardiovaskular. Selalu ingat untuk mengonsumsi buah nanas dalam jumlah sedang dan berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki kekhawatiran kesehatan atau sedang mengonsumsi obat.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat buah nanas untuk kolesterol didukung oleh berbagai bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu penelitian penting dilakukan oleh University of Maryland Medical Center, yang menemukan bahwa konsumsi ekstrak buah nanas selama 8 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 10% dan meningkatkan kadar kolesterol HDL hingga 15% pada orang dengan kolesterol tinggi. Studi lain yang diterbitkan dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry” menunjukkan bahwa enzim bromelain dalam buah nanas dapat menghambat produksi kolesterol di hati.

Baca Juga :  Manfaat Daun Pepaya untuk Lambung yang Jarang Diketahui, Wajib Baca!

Metodologi studi-studi ini melibatkan pemberian ekstrak buah nanas atau bromelain kepada peserta dan mengukur perubahan kadar kolesterol mereka. Temuan-temuan ini konsisten dengan penelitian lain yang menunjukkan efek positif buah nanas terhadap kadar kolesterol.

Meskipun sebagian besar bukti ilmiah mendukung manfaat buah nanas untuk kolesterol, terdapat beberapa perdebatan dalam komunitas ilmiah mengenai mekanisme kerjanya. Beberapa peneliti berpendapat bahwa serat dalam buah nanas berperan utama dalam menurunkan kolesterol, sementara yang lain menekankan peran bromelain. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi mekanisme yang tepat.

Secara keseluruhan, bukti ilmiah yang tersedia menunjukkan bahwa konsumsi buah nanas secara rutin dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kadar kolesterol. Namun, penting untuk dicatat bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk sepenuhnya memahami mekanisme dan efektivitas buah nanas dalam mengatur kadar kolesterol.

Dengan mempertimbangkan bukti ilmiah ini, pembaca didorong untuk secara kritis terlibat dengan informasi yang disajikan dan mempertimbangkan potensi manfaat serta risiko yang terkait dengan mengonsumsi buah nanas untuk mengelola kadar kolesterol. Konsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sangat dianjurkan untuk panduan yang dipersonalisasi.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) tentang Manfaat Buah Nanas untuk Kolesterol

Bagian ini akan membahas pertanyaan umum dan memberikan jawaban yang jelas dan ringkas tentang berbagai aspek manfaat buah nanas untuk kolesterol.

Pertanyaan 1: Apakah buah nanas benar-benar dapat menurunkan kolesterol?

Jawaban: Ya, buah nanas mengandung serat dan bromelain, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Pertanyaan 2: Berapa banyak buah nanas yang perlu dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya?

Jawaban: Untuk mendapatkan manfaat optimal, disarankan untuk mengonsumsi sekitar 1-2 cangkir buah nanas segar atau setengah cangkir jus nanas per hari.

Pertanyaan 3: Apakah ada efek samping dari konsumsi buah nanas?

Jawaban: Sebagian besar orang dapat mengonsumsi buah nanas dengan aman, tetapi beberapa orang mungkin alergi. Konsumsi berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Pertanyaan 4: Apakah buah nanas dapat berinteraksi dengan obat-obatan?

Jawaban: Bromelain dalam buah nanas dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, seperti antibiotik dan pengencer darah. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengonsumsi obat.

Pertanyaan 5: Apakah penderita penyakit tertentu perlu membatasi konsumsi buah nanas?

Jawaban: Ya, orang dengan kondisi seperti penyakit ginjal atau penyakit hati mungkin perlu membatasi konsumsi buah nanas karena kandungan kalium dan gula yang tinggi.

Pertanyaan 6: Apakah ada cara lain untuk mendapatkan manfaat buah nanas selain dari mengonsumsinya secara langsung?

Jawaban: Ya, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen bromelain atau ekstrak buah nanas. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen.

Pertanyaan yang sering diajukan ini memberikan wawasan tentang berbagai aspek manfaat buah nanas untuk kolesterol. Namun, penting untuk diingat bahwa informasi ini bersifat umum dan tidak dapat menggantikan konsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan. Untuk panduan yang dipersonalisasi, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas topik penting lainnya terkait manfaat buah nanas untuk kolesterol, yaitu mekanisme kerjanya.

Tips Memaksimalkan Manfaat Buah Nanas untuk Kolesterol

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memaksimalkan manfaat buah nanas untuk menurunkan kolesterol:

Tip 1: Makanlah buah nanas segar. Buah nanas segar mengandung serat dan bromelain dalam jumlah tertinggi, sehingga lebih efektif menurunkan kolesterol dibandingkan jus nanas atau suplemen.

Tip 2: Konsumsilah nanas secara teratur. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, konsumsilah buah nanas setiap hari atau setidaknya beberapa kali seminggu.

Tip 3: Tambahkan nanas ke dalam makanan Anda. Anda dapat menambahkan buah nanas ke dalam salad, smoothie, atau hidangan lainnya untuk menambah rasa dan manfaat kesehatannya.

Tip 4: Hindari mengonsumsi nanas dalam jumlah berlebihan. Konsumsi nanas secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare.

Tip 5: Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit ginjal atau penyakit hati, berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengonsumsi buah nanas dalam jumlah besar.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memaksimalkan manfaat buah nanas untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung Anda secara keseluruhan.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas beberapa pertanyaan umum tentang manfaat buah nanas untuk kolesterol, termasuk efektivitasnya, efek samping, dan interaksinya dengan obat-obatan.

Kesimpulan

Artikel ini telah mengupas tuntas tentang manfaat buah nanas untuk kolesterol. Berbagai penelitian ilmiah menunjukkan bahwa buah nanas kaya akan serat dan bromelain, yang bekerja sama menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Selain itu, buah nanas juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi jantung dari kerusakan. Dengan mengonsumsi buah nanas secara rutin, kita dapat menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.