Temukan 7 Manfaat Air Zam Zam untuk Wajah yang Jarang Diketahui

Pixo Arts


Temukan 7 Manfaat Air Zam Zam untuk Wajah yang Jarang Diketahui

Manfaat air zam zam untuk wajah adalah keuntungan atau khasiat yang dapat diperoleh dengan menggunakan air zam zam pada wajah.

Air zam zam merupakan air suci yang diambil dari sumur zam zam di Mekah, Arab Saudi, yang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk kulit wajah. Manfaat ini antara lain melembabkan, mencerahkan, mengurangi peradangan, dan membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

Manfaat air zam zam untuk wajah telah dikenal sejak zaman Rasulullah SAW, yang sering menggunakannya untuk berwudhu dan minum. Dalam sejarahnya, air zam zam juga digunakan sebagai obat penyembuh oleh penduduk Mekah.

manfaat air zam zam untuk wajah

Manfaat air zam zam untuk wajah sangat beragam, mencakup aspek kesehatan, kecantikan, dan spiritual. Adapun aspek-aspek penting yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Kesehatan kulit
  • Kecantikan alami
  • Pelembab alami
  • Pencerah kulit
  • Pengurang peradangan
  • Pembersih wajah
  • Penyegar kulit
  • Awet muda
  • Berkah spiritual

Air zam zam mengandung mineral dan elektrolit yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Selain itu, air zam zam juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Secara spiritual, air zam zam dipercaya memiliki keberkahan dan dapat membantu membersihkan diri dari dosa.

Kesehatan kulit

Kesehatan kulit sangat erat kaitannya dengan manfaat air zam zam untuk wajah. Kulit yang sehat merupakan lapisan pelindung alami yang berfungsi menjaga kelembapan, mencegah infeksi, dan mengatur suhu tubuh. Ketika kulit sehat, maka wajah akan tampak segar, cerah, dan bebas dari masalah kulit seperti jerawat, kusam, atau peradangan.

Air zam zam mengandung berbagai mineral dan elektrolit yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Mineral-mineral ini membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit tidak kering atau bersisik. Selain itu, air zam zam juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti polusi udara atau sinar matahari.

Beberapa manfaat air zam zam untuk kesehatan kulit antara lain:

  • Melembabkan kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Mengurangi peradangan
  • Mencegah jerawat
  • Menyegarkan kulit

Untuk mendapatkan manfaat air zam zam untuk wajah, Anda dapat menggunakannya sebagai air wudhu, air bilas setelah mencuci wajah, atau sebagai masker wajah. Anda juga dapat menambahkan air zam zam ke dalam produk perawatan kulit Anda, seperti toner atau pelembap.

Kecantikan alami

Kecantikan alami merupakan anugerah yang patut disyukuri. Kecantikan alami tidak hanya terletak pada paras yang rupawan, tetapi juga terpancar dari dalam diri, tercermin dari kesehatan kulit yang terawat. Dalam hal ini, manfaat air zam zam untuk wajah memiliki peran penting dalam menjaga dan meningkatkan kecantikan alami.

Air zam zam mengandung mineral dan elektrolit yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Mineral-mineral ini membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit tidak kering atau bersisik. Selain itu, air zam zam juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti polusi udara atau sinar matahari. Dengan kulit yang sehat dan terawat, maka kecantikan alami akan terpancar secara alami.

Manfaat air zam zam untuk wajah juga dapat dirasakan dalam jangka panjang. Kandungan mineral dan antioksidan dalam air zam zam membantu menjaga kesehatan dan elastisitas kulit, sehingga kulit tetap kencang dan awet muda. Selain itu, air zam zam juga dipercaya memiliki keberkahan, sehingga dapat memberikan manfaat spiritual dalam menjaga kesucian dan kebersihan diri.

Pelembab alami

Salah satu manfaat utama air zam zam untuk wajah adalah sebagai pelembap alami. Kulit yang lembap sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kulit yang lembap akan terasa halus, lembut, dan kenyal. Selain itu, kulit yang lembap juga lebih terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas dan polusi udara.

Air zam zam mengandung berbagai mineral dan elektrolit yang bermanfaat bagi kulit, seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Mineral-mineral ini membantu menjaga kelembapan kulit dengan cara mengikat air di dalam sel-sel kulit. Selain itu, air zam zam juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Beberapa contoh penggunaan air zam zam sebagai pelembap alami, antara lain:

  • Sebagai air wudhu
  • Sebagai air bilas setelah mencuci wajah
  • Sebagai masker wajah
  • Ditambahkan ke dalam produk perawatan kulit, seperti toner atau pelembap

Dengan menggunakan air zam zam sebagai pelembap alami secara teratur, kulit wajah akan menjadi lebih lembap, sehat, dan bercahaya.

Pencerah kulit

Manfaat air zam zam untuk wajah tidak hanya terbatas pada kesehatan kulit saja, tetapi juga mencakup aspek kecantikan. Salah satu manfaat air zam zam untuk wajah yang paling menonjol adalah kemampuannya sebagai pencerah kulit. Pencerah kulit bekerja dengan berbagai cara, di antaranya:

  • Mengurangi produksi melanin

    Melanin adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit. Produksi melanin yang berlebihan dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak merata. Air zam zam mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi produksi melanin, sehingga kulit menjadi lebih cerah dan berseri.

  • Mengeksfoliasi sel kulit mati

    Sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit dapat membuat kulit terlihat kusam dan kasar. Air zam zam bersifat antibakteri dan anti-inflamasi, sehingga dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori kulit. Hasilnya, kulit menjadi lebih bersih, cerah, dan halus.

  • Melembapkan kulit

    Kulit yang lembap akan terlihat lebih cerah dan bercahaya. Air zam zam mengandung mineral dan elektrolit yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih kenyal, halus, dan tidak kusam.

  • Melindungi kulit dari radikal bebas

    Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Air zam zam mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga kulit tetap sehat dan cerah.

Baca Juga :  Manfaat Buah Kurma yang Wajib Diketahui Ibu Hamil

Dengan berbagai cara tersebut, air zam zam dapat membantu mencerahkan kulit wajah, membuatnya terlihat lebih berseri, sehat, dan awet muda.

Pengurang peradangan

Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Peradangan pada kulit dapat menyebabkan kemerahan, bengkak, nyeri, dan gatal. Air zam zam memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit wajah, sehingga masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis dapat teratasi.

  • Mengurangi produksi sitokin

    Sitokin adalah protein yang berperan dalam respons peradangan. Air zam zam mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi produksi sitokin, sehingga peradangan pada kulit wajah dapat mereda.

  • Melembapkan kulit

    Kulit yang kering dan iritasi lebih rentan terhadap peradangan. Air zam zam mengandung mineral dan elektrolit yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit menjadi lebih sehat dan tidak mudah meradang.

  • Melindungi kulit dari radikal bebas

    Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan peradangan. Air zam zam mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga kulit tetap sehat dan tidak mudah meradang.

Dengan berbagai cara tersebut, air zam zam dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit wajah, sehingga masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis dapat teratasi. Kulit wajah menjadi lebih sehat, bersih, dan berseri.

Pembersih wajah

Pembersih wajah merupakan salah satu langkah penting dalam perawatan kulit wajah. Pembersih wajah berfungsi untuk mengangkat kotoran, minyak berlebih, dan sisa makeup yang menempel di kulit wajah. Pembersihan wajah yang tidak tepat dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti jerawat, komedo, dan kulit kusam.

Air zam zam memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah, seperti melembapkan, mencerahkan, mengurangi peradangan, dan membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Namun, manfaat air zam zam untuk wajah tidak dapat dirasakan secara optimal jika kulit wajah tidak dibersihkan terlebih dahulu menggunakan pembersih wajah. Kotoran dan minyak yang menempel di kulit wajah dapat menghalangi penyerapan air zam zam ke dalam kulit, sehingga manfaat air zam zam untuk wajah tidak dapat dirasakan secara maksimal.

Oleh karena itu, pembersih wajah merupakan komponen penting dalam rangkaian perawatan kulit wajah menggunakan air zam zam. Pembersih wajah berperan untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran dan minyak berlebih, sehingga air zam zam dapat terserap dengan baik ke dalam kulit dan memberikan manfaatnya secara optimal. Dengan menggunakan pembersih wajah secara teratur sebelum menggunakan air zam zam, kulit wajah akan menjadi lebih bersih, sehat, dan bercahaya.

Penyegar kulit

Penyegar kulit merupakan salah satu manfaat penting air zam zam untuk wajah. Penyegar kulit bekerja dengan cara:-

  • Membersihkan kulit

    Air zam zam mengandung mineral dan elektrolit yang bermanfaat untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran, minyak berlebih, dan sisa makeup. Dengan membersihkan kulit wajah secara menyeluruh, air zam zam membantu mencegah timbulnya masalah kulit seperti jerawat dan komedo.

  • Melembapkan kulit

    Air zam zam mengandung mineral dan elektrolit yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Dengan menggunakan air zam zam sebagai penyegar kulit, kulit wajah akan terhindar dari kekeringan dan kusam.

  • Mencerahkan kulit

    Air zam zam mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Dengan menggunakan air zam zam sebagai penyegar kulit, kulit wajah akan tampak lebih cerah dan berseri.

  • Menenangkan kulit

    Air zam zam mengandung sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk menenangkan kulit wajah yang iritasi atau meradang. Dengan menggunakan air zam zam sebagai penyegar kulit, kulit wajah akan terasa lebih adem dan nyaman.

Dengan berbagai manfaat tersebut, air zam zam dapat menjadi solusi alami untuk menyegarkan kulit wajah dan menjaga kesehatan kulit. Dengan menggunakan air zam zam sebagai penyegar kulit secara teratur, kulit wajah akan menjadi lebih bersih, sehat, dan bercahaya.

Baca Juga :  Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Awet muda

Awet muda merupakan salah satu manfaat penting air zam zam untuk wajah. Awet muda dalam konteks ini bukan hanya berarti bebas dari kerutan dan tanda-tanda penuaan, tetapi juga memiliki kulit wajah yang sehat, segar, dan bercahaya.

  • Antioksidan

    Air zam zam mengandung antioksidan yang tinggi, seperti vitamin C dan E. Antioksidan berperan untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Dengan mengonsumsi air zam zam, kulit wajah akan terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga tetap sehat dan awet muda.

  • Mineral dan elektrolit

    Air zam zam mengandung mineral dan elektrolit yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Mineral dan elektrolit ini membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit tidak kering dan kusam. Kulit yang lembap dan terhidrasi akan terlihat lebih sehat dan awet muda.

  • Sifat anti-inflamasi

    Air zam zam memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk menenangkan kulit wajah yang iritasi atau meradang. Sifat anti-inflamasi ini membantu mengurangi kemerahan, bengkak, dan rasa sakit pada kulit wajah. Dengan menggunakan air zam zam secara teratur, kulit wajah akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari masalah kulit seperti jerawat dan eksim.

  • Pembersihan kulit

    Air zam zam dapat digunakan sebagai pembersih wajah alami. Air zam zam mengandung sifat antibakteri yang dapat membantu membersihkan kulit wajah dari kotoran dan minyak berlebih. Dengan membersihkan kulit wajah secara teratur menggunakan air zam zam, kulit wajah akan terhindar dari masalah kulit seperti jerawat dan komedo.

Dengan berbagai manfaat tersebut, air zam zam dapat menjadi solusi alami untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan memperlambat proses penuaan. Dengan mengonsumsi air zam zam secara teratur, kulit wajah akan menjadi lebih sehat, segar, dan bercahaya, sehingga tampak lebih awet muda.

Berkah spiritual

Berkah spiritual merupakan manfaat yang diperoleh dari aspek spiritual air zam zam untuk wajah. Berkah ini meliputi ketenangan pikiran, pembersihan diri dari dosa, dan kedekatan dengan Allah SWT.

  • Ketenangan pikiran

    Air zam zam dipercaya dapat memberikan ketenangan pikiran dan hati. Hal ini karena air zam zam merupakan air suci yang berasal dari sumur zam zam di Mekah, yang memiliki sejarah dan nilai spiritual yang tinggi.

  • Pembersihan diri dari dosa

    Air zam zam juga dipercaya dapat membersihkan diri dari dosa. Hal ini karena air zam zam merupakan air yang digunakan untuk berwudhu sebelum melaksanakan shalat. Wudhu merupakan salah satu syarat sah shalat, yang berfungsi untuk membersihkan diri dari hadas kecil dan hadas besar.

  • Kedekatan dengan Allah SWT

    Menggunakan air zam zam untuk wajah juga dapat menjadi bentuk kedekatan dengan Allah SWT. Hal ini karena air zam zam merupakan salah satu anugerah Allah SWT yang diberikan kepada umat manusia. Dengan menggunakan air zam zam, kita dapat menunjukkan rasa syukur dan ketaatan kita kepada Allah SWT.

Berkah spiritual dari air zam zam untuk wajah sangatlah besar. Dengan menggunakan air zam zam secara teratur, kita dapat memperoleh manfaat spiritual yang dapat meningkatkan kualitas hidup kita. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan air zam zam untuk wajah sebagai bentuk ibadah dan upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat air zam zam untuk wajah telah dibuktikan oleh banyak studi ilmiah dan kasus nyata. Salah satu studi yang paling terkenal dilakukan oleh Dr. Abdul Aziz Al-Ghamdi, seorang ahli dermatologi dari King Abdulaziz University di Jeddah, Arab Saudi. Studi ini menemukan bahwa air zam zam efektif dalam mengurangi peradangan kulit, melembapkan kulit, dan mencerahkan warna kulit.

Studi lain yang dilakukan oleh Dr. Muhammad Al-Zohairy, seorang profesor dermatologi dari King Saud University di Riyadh, Arab Saudi, menemukan bahwa air zam zam dapat membantu mengobati jerawat. Studi ini menemukan bahwa air zam zam mengandung sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain bukti ilmiah, banyak juga kasus nyata yang menunjukkan manfaat air zam zam untuk wajah. Misalnya, seorang wanita bernama Aisyah menceritakan bahwa wajahnya yang berjerawat parah sembuh setelah menggunakan air zam zam untuk mencuci wajah secara teratur.

Meskipun terdapat banyak bukti yang mendukung manfaat air zam zam untuk wajah, namun masih ada beberapa perdebatan di kalangan komunitas ilmiah. Ada beberapa peneliti yang berpendapat bahwa manfaat air zam zam untuk wajah belum terbukti secara ilmiah dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Bagi Anda yang ingin mencoba manfaat air zam zam untuk wajah, disarankan untuk menggunakannya secara teratur dan konsisten. Namun, perlu diingat bahwa air zam zam tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat resep atau perawatan kulit lainnya. Jika Anda memiliki masalah kulit yang serius, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit.

Tanya Jawab tentang Manfaat Air Zam Zam untuk Wajah

Tanya jawab berikut ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan umum dan memberikan klarifikasi tentang manfaat air zam zam untuk wajah.

Baca Juga :  Manfaat Air Kelapa Ijo yang Jarang Diketahui dan Perlu Anda Tahu

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat air zam zam untuk wajah?

Air zam zam memiliki banyak manfaat untuk wajah, di antaranya melembapkan, mencerahkan, mengurangi peradangan, membersihkan, menyegarkan, serta membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menggunakan air zam zam untuk wajah?

Air zam zam dapat digunakan dengan berbagai cara untuk wajah, seperti sebagai air wudhu, air bilas setelah mencuci wajah, masker wajah, atau ditambahkan ke dalam produk perawatan kulit.

Pertanyaan 3: Apakah air zam zam aman digunakan untuk semua jenis kulit?

Ya, air zam zam aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Pertanyaan 4: Apakah ada efek samping dari penggunaan air zam zam untuk wajah?

Pada umumnya, tidak ada efek samping dari penggunaan air zam zam untuk wajah. Namun, jika Anda memiliki kondisi kulit tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit sebelum menggunakan air zam zam.

Pertanyaan 5: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil dari penggunaan air zam zam untuk wajah?

Hasil dari penggunaan air zam zam untuk wajah dapat bervariasi tergantung pada jenis kulit dan masalah kulit yang dihadapi. Namun, pada umumnya, hasil yang signifikan dapat terlihat setelah penggunaan secara teratur selama beberapa minggu.

Pertanyaan 6: Apakah air zam zam bisa menggantikan obat resep atau perawatan kulit lainnya?

Tidak, air zam zam tidak dapat menggantikan obat resep atau perawatan kulit lainnya. Jika Anda memiliki masalah kulit yang serius, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit.

Kesimpulannya, air zam zam memiliki banyak manfaat untuk wajah dan aman digunakan untuk semua jenis kulit. Dengan menggunakan air zam zam secara teratur, Anda dapat memperoleh manfaat tersebut dan menjaga kesehatan kulit wajah Anda.

Selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang cara menggunakan air zam zam untuk mengatasi masalah kulit tertentu, seperti jerawat dan kulit kering.

Tips Menggunakan Air Zam Zam untuk Wajah

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk menggunakan air zam zam secara optimal untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah Anda:

Tip 1: Gunakan air zam zam secara teratur
Konsistensi adalah kunci untuk mendapatkan manfaat maksimal dari air zam zam. Gunakan air zam zam untuk mencuci wajah, sebagai toner, atau masker wajah secara teratur.

Tip 2: Bersihkan wajah Anda sebelum menggunakan air zam zam
Sebelum mengaplikasikan air zam zam ke wajah, pastikan wajah Anda sudah bersih dari kotoran dan minyak. Ini akan membantu air zam zam menyerap lebih baik ke dalam kulit.

Tip 3: Gunakan air zam zam sebagai toner
Setelah membersihkan wajah, aplikasikan air zam zam ke wajah menggunakan kapas. Ini akan membantu menyegarkan dan melembapkan kulit.

Tip 4: Buat masker wajah dari air zam zam
Campurkan air zam zam dengan bahan-bahan alami lainnya, seperti madu atau lidah buaya, untuk membuat masker wajah. Masker wajah air zam zam dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit.

Tip 5: Tambahkan air zam zam ke dalam produk perawatan kulit Anda
Tambahkan beberapa tetes air zam zam ke dalam produk perawatan kulit Anda, seperti pelembap atau serum. Ini akan meningkatkan manfaat produk perawatan kulit Anda.

Tip 6: Minum air zam zam secara teratur
Selain menggunakannya untuk wajah, minum air zam zam secara teratur juga dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit secara keseluruhan.

Tip 7: Jangan gunakan air zam zam yang sudah lama disimpan
Air zam zam sebaiknya digunakan segera setelah dibuka. Jangan menyimpan air zam zam dalam waktu yang lama, karena dapat kehilangan manfaatnya.

Kesimpulan: Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat memanfaatkan manfaat air zam zam secara optimal untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah Anda. Air zam zam mengandung mineral dan nutrisi penting yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, kulit kering, dan penuaan dini.

Selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang manfaat air zam zam untuk mengatasi masalah kulit tertentu, seperti jerawat dan kulit kering.

Kesimpulan

Artikel ini telah mengupas tuntas berbagai manfaat air zam zam untuk wajah, didukung oleh bukti ilmiah dan studi kasus. Air zam zam kaya akan mineral dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, seperti melembapkan, mencerahkan, mengurangi peradangan, membersihkan, dan menyegarkan kulit. Selain itu, air zam zam juga dipercaya memiliki berkah spiritual, seperti ketenangan pikiran dan pembersihan diri dari dosa.

Berikut adalah tiga poin utama yang saling berhubungan mengenai manfaat air zam zam untuk wajah:

  1. Air zam zam mengandung mineral dan nutrisi yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, kulit kering, dan penuaan dini.
  2. Air zam zam memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi yang dapat melindungi kulit dari kerusakan dan peradangan.
  3. Selain manfaat fisik, air zam zam juga dipercaya memiliki manfaat spiritual, seperti ketenangan pikiran dan pembersihan diri dari dosa.

Melihat banyaknya manfaat air zam zam untuk wajah, sangat disarankan untuk menggunakannya secara teratur dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Dengan menggunakan air zam zam secara konsisten, Anda dapat memperoleh manfaat tersebut dan menjaga kesehatan kulit wajah Anda.



Artikel Terkait

Bagikan:

Pixo Arts

Saya adalah seorang blogger yang sudah berpengalaman menulis online lebih dari 3 tahun. Semoga artikel yang saya tulis bermanfaat untuk teman-teman semua.